Senin, 24 November 2008

Happy Teacher's Day

Tanggal 25 November mungkin adalah hari yang penting bagi seluruh guru di Indonesia karena pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Guru di indonesia. Ehm.....jadi inget masa-masa sekolah, yg hobiiiiiiii.......banget ngerjain guru, ampe guru kesel, esmosi, ngembek gak karuan (emang ada yah guru ngambek). aduh......pokoknya apapun itu jenis ngerjainnya mulai dari yg ringan ampe yg berat si guru pasti jengkel abis donk.
Oh ya.....masa SMP ini ngingetin aku ma satu guru cewek, beliau ngajar pelajaran tata busana, namanya Bu. Munjiyah. oh God.....coba bayangin, aku yg cewek aja males berurusan dengan kain, benang, jarum, gunting (bisa2 guruku sendiri yg kugunting) palagi temen2ku yg cowok.
Pelajaran ini ada pada hari kamis jam pelajaran pertama dan kedua, gila aja kan pagi-pagi dah berurusan ma pelajaran yg dibenci. Jadi ilang deh semangat belajar untuk pelajaran selanjutnya. Pokoknya kalo ni orang dah masuk kelas, gak ada tuh tampang manis lan ganteng dari temen2ku secara wajah mereka emang pait semua.
Jangan harap ada murid yg duduk tertib, rapi, sopan dll ketika pelajaran ini berlangsung. Gimana mau tenang? orang murid ma guru kayak Tom and Jerry. Guru lari ke sana murid lari ke sana. Maksudnya kalo guru berada di barisan bangku kanan kelas, murid2 bakalan jalan pelan2 menuju barisan bangku kiri kelas, begitu pula sebaliknya. Lucu and kasian juga sih klo inget. Lucu ma anak2nya, kasian ma guru2nya.
Gimana denga nasib guru2 honorer yah? ada yang bilang kalo kerja seperti mereka seperti pekerja sosial. Jasa besar gaji kecil. Gak sedikit guru yg berkeluh kesah masalah gaji. Guru PKL (Praktek Kerja Lapangan)ku sendiri aja bilang "kalo mau kaya jangan jadi guru, soalnya gajinya sedikit". Kalo ngomongin masalah gaji guru emang gak ada matinya.
Tapi, beda banget ma guru yg satu ini. Bu Muslimah, beliau sekarang menjadi nothing to something gara2 muridnya si Ikal yang telah memperkenalkan beliau lewat bukunya Laskar Pelangi. Sejak buku ini diluncurkan ampe jadi buku best seller, Bu Muslimah sudah menginspirasi banyak orang terutama para guru. Guru sekarang mana ada sih yg mau digaji dengan beras 5kg tiap bulannya? Menjadi seorang guru emang di butuhkan kesabaran dan keikhlasan. Tanpa itu semua everything is nothing.
ada satu lagu tentang guru yg bikin aku sempet nangis (emang bisa?) waktu dengerin lagu ini, aku tau lagu ini dari acara talk show kick Andy. really touching.





dan di Hari Guru ini, mari kita bersama-sama menyanyikan lagu Hymne Guru. Ambil suaraaaaa...........

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sabagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa


Tidak ada komentar: